Perbandingan ARTAV dengan SMADAV

Ada beberapa nama antivirus lokal yang cukup terkenal seperti Smadav, Artav, dan PCMAV.

Pada kesempatan ini saya mencoba membandingkan 2 antivirus lokal, yaitu Smadav dan Artav.
Mari kita compare cara kerja kedua antivirus tersebut dalam membersihkan sistem komputer yang telah terinfeksi virus lokal. Kali ini saya mencoba untuk membersihkan virus shortcut. Versi yang saya gunakan adalah Smadav 8.4 yang mengenali virus tersebut dengan nama Serviks dan Artav 2.5 (Virus Definitions 5923 Virus INT + 30 IS + 1021) mengenal virus tersebut dengan nama VBS/YUYUN.ZO!LNK.


SMADAV
ARTAV

Saat pertama kali install, Smadav dapat mendeteksi apakah system kita terinfeksi atau tidak.

Saat pertama kali install, Artav langsung melakukan Real Time Protection tanpa memberi tahu keadaan system computer kita.

User interface sederhana dengan menu yang mudah dicari hanya dengan memilih Tab User interface lebih menarik dengan pilihan menu terkategori
Saat pertama kali scan selalu memeriksa keadaan registry system. Melakukan scan hanya pada objek yang dipilih tanpa memeriksa registry system.
Perintah eksekusi hasil scan ditentukan setelah hasil scan selesai (hapus atau karantina). Objek yang terinfeksi langsung dieksekusi masuk ke daftar karantina pada saat proses scan berjalan (dapat kita hapus setelah scan selesai)
Tools tambahan lebih mudah dipakai seperti Process Manager dan Sytem Editor Tools tambahan seperti Registry tweak sedikit rumit digunakan oleh User Awam/umum.
Database virus lebih lengkap sehingga masih bisa menemukan virus yang menurut artav dianggap bersih. Database virus belum terlalu lengkap, sehingga belum sepenuhnya dapat membaca virus local, mungkin seiring berjalanya waktu tentunya database antivirus ini akan bertambah.










Gambaran secara umum:


Smadav memiliki keunggulan memeriksa dan memberi tahu kepada User tentang keadaan system computer kita sebelum melakukan Real Time Protection (RTP), dan yang paling penting adalah mengetahui keadaan registry system computer kita (sangat berguna bagi seorang troubleshooter dalam mengenali virus apa yang sedang menginfeksi system).Sedangkan Artav langsung melakukan proteksi tanpa memberi tahu keadaan system terlebih dahulu. Semua antivirus pasti memiliki kekurangan dan kelebihan tergantung selera dan kebutuhan anda. Silakan anda tentukan sendiri pilihan anda. :D


Demikian hasil perbandingan yang saya lakukan, tenang aja, saran dan kritik kalian masih aku terima kl ada kesalahan dalam tulisan ini. Hhe..

Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbandingan ARTAV dengan SMADAV"

Post a Comment