Tips aman buka facebook di warnet

Hayo ngaku siapa yang belum punya akun facebook. Hmm.. sepertinya kalian semua sudah punya fb, bahkan mungkin ada yang punya lebih dari satu. Gk papa gratis ini. He..

Pada kesempatan ini Gw tulis beberapa tips aman buka facebook, agar jangan sampai username/email dan password akun fb kita jatuh di tangan orang jahil. Apalagi kalau sering buka di warnet, kalian perlu waspada. Gw aja yang sering buka di notebook sendiri, kadang-kadang status fb gw berubah tanpa sepengetahuan gw. (biasanya kerjaan orang-orang ini : julian, edwin, dan david).

Berikut beberapa tips nya : Bagi kalian yang suka buka fb diwarnet, pastikan bawa uang cukup untuk bayar bill. Jangan sampai KTP atau SIM kalian ditahan operator warnet gara-gara gk bawa uang. Hhe.. tapi bukan itu sebenarnya yang mau gw kasih tahu.

1. Untuk yang sering main di warnet, pastikan sebelum mulai browsing kalian periksa apakah di computer tersebut terpasang keylogger(semacam perekam semua yang kalian pencet pada keyboard).Salah satu caranya pencet Ctrl+Shift+Alt+F8, nah kalau kalian pencet tombol itu bersamaan kemudian muncul sebuah window. Hati-hati itulah keylogger-nya, klik aja tombol stop monitoring. Kemudian close.















2. Setelah lulus uji keylogger, biasakan pakai browser Mozilla Firefox. Alasannya, untuk versi 3 ke atas sudah tersedia mode “Private Browsing”. Caranya klik Tools-Start Private Browsing. Jadi kalau kalian lupa logout, setelah browser tertutup kalian akan logout secara otomatis. Kemudian browser tidak mencatat kegiatan kalian pada history, dan tidak akan pernah menyimpan value yang diisikan pada form-form sebuah web.

3. Saat mengisikan alamat website pada address bar jangan sampai salah ketik. Perhatikan baik-baik setiap huruf yang kalian ketikkan. Jika sampai salah ketik bias-bisa kalian akan masuk ke situs facebook palsu, yang seolah-olah adalah facebook dengan tampilan yang benar-benar mirip facebook. Ketika kalian mengisi username dan password untuk login, tanpa disadari username dan password kalian telah dicuri oleh tangan jahil. Ini yang dinamakan teknik phising dalam dunia cracker.

4. Pastikan kalian mengetik langsung www.facebook.com di address bar. Jangan biasakan membuka facebook dengan meng-klik link dari situs lain, bisa-bisa kalian akan terjebak seperti pada kasus nomor 3.

5. Ketika kalian ingin mengakhiri kegiatan fb-an kalian jangan lupa untuk melakukan logout, atau mengakhiri session login kalian. Agar ketika orang lain masuk di www.facebook.com tidak langsung masuk di halaman home kalian, akibat session-nya belum diakhiri.

Nah.. itu tadi sedikit tips agar facebook kalian terhindar dari tangan-tangan jahil. Semoga bermanfaat.

Tunggu artikel berikutnya ya…

*bowjan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips aman buka facebook di warnet"

Post a Comment