Avira AntiVir 10 Resmi Dirilis

Tepat pada tanggal 23 Maret 2010 (kemarin) Avira GmbH resmi merilis line-up antivirus terbarunya, yaitu Avira AntiVir Version 10. Sebagaimana dijelaskan pada press release-nya, Avira AntiVir 10 ini memiliki fitur deteksi antivirus terbaru, yaitu apa yang disebut sebagai cloud-based detection technology (yang telah dimasukkan ke dalam portfolio security services Avira setelah perusahaan ini secara resmi mengakuisisi CleanPort B.V., sebuah group perusahaan asal negeri Belanda – baca : Avira extends Managed Security Services portfolio to offer users security “in-the-cloud”.

Berikut merupakan fitur-fitur pada Avira AntiVir 10 yang di-klaim Avira sebagai fitur terbarunya :

  1. Behaviour-based protection dengan Antivir ProActiv – hanya terdapat pada Avira AntiVir Premium & Professional (paid-version)
  2. Enhanced security – peningkatan keamanan dengan memanfaatkan Avira Community
  3. Generic repair pada registry data dan file yang terinfeksi
  4. Express installation – user interface yang transparan fitur one click removal
  5. Parental control – hanya tersedia untuk pengguna Avira Antivir Suite

Sebelum Anda mendownload dan menginstal Avira AntiVir 10 ini pada PC atau laptop Anda, ada baiknya diperhatikan terlebih dahulu minimum requirements alias spesifikasi/kebutuhan minimum dari komputer Anda yang diminta oleh software antivirus terbaru dari perusahaan security asal Jerman ini.

  • Komputer berbasiskan Pentium dengan clock speed minimal 266 Mhz
  • Sistem operasi yang kompatibel antara lain (pilih salah satu) :

- Windows 2000 SP4 dan update roll 1
- Windows XP SP2 (32-bit or 64-bit)
- Windows Vista (32-bit or 64-bit; SP 1 recommended)
- Windows 7 (32-bit or 64-bit)

  • Minimal 100 MB ruang kosong pada harddisk (lebih bila menggunakan fitur quarantine)
  • Minimal 192 MB RAM pada Windows 2000 dan XP
  • Minimal 512 MB pada Windows Vista
  • Untuk kepentingan instalasi diperlukan administrator rights
  • Koneksi internet bila diperlukan

Saya pribadi telah mendownload dan mencoba antivirus ini pada netbook saya, BenQ Joybook Lite U121 Eco dengan sistem operasi Windows XP Home Edition SP3 (32-bit) dan RAM sebesar 2 GB. Terasa sedikit berat memang (wajar, toh diinstal pada netbook berbasiskan Intel Atom dengan lebih dari 5 aplikasi terbuka). Yang jelas, software antivirus ini berhasil “memukau” saya dengan kemampuan on-demand full scan nya yang terbilang lebih cepat dan stabil bila saya bandingkan dengan versi terdahulunya. Namun, saya masih terpuaskan dengan antivirus saya yang lalu, yaitu ESET NOD32 Antivirus 4 Home Edition (paid-version) yang menurut saya merupakan antivirus dengan tingkat resources terendah saat ini – alias ga bakal bikin komputer kita jadi “berat”.

Bagi Anda yang tidak mau membeli paid-version nya (apalagi bagi mahasiswa) Avira juga menyediakan versi gratisnya, yaitu Avira AntiVir 10 Personal (yang cukup populer di kampus saya, file instalasinya bisa didownload di sini), selama diinstal pada single-workstation (bukan pada jaringan) dan digunakan tidak untuk kepentingan komersial.

Conclusion : Avira AntiVir merupakan salah satu antivirus yang memiliki kinerja yang cukup ampuh dan patut dipertimbangkan, terlebih lagi karena tersedianya versi gratis dari antivirus ini tentu saja. Namun, belakangan antivirus ini memiliki tingkat false-alarm yang cukup tinggi, walaupun tidak sampai pada terhapusnya file sistem kita. Bagi Anda yang berbudget terbatas dan menginginkan antivirus yang mumpuni, Avira Antivir 1o ini menurut saya dapat Anda masukkan ke dalam list software antivirus yang akan Anda gunakan nantinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Avira AntiVir 10 Resmi Dirilis"

Post a Comment